PENGUKUHAN KIM (KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT)
DESA JATIWARNO KECAMATAN JATIPURO

DSC_0098

Pengukuhan KIM oleh Kades Jatiwarno

Jumlah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Karanganyar tahun 2016 ini bertambah lagi. Selasa, 5 April 2016, bertempat di Aula Balai Desa Jatiwarno, Kepala Desa Jatiwarno Dra. Sri Ruswanti, mengukuhkan kepengurusan KIM Jatiwarno.

KIM Desa Jatiwarno diketuai oleh Sujito, beranggotakan 16 orang dari berbagai elemen seperti PKK, Pemerintah Desa, Karangtaruna, Pokja Kesehatan, unsur pengurus DS3 (Desa Siaga sehat Sejahtera) dan beberapa elemen lain. Dengan keikutsertaan berbagai unsur masyarakat ini, ke depan KIM Jatiwarno diharapkan akan lebih mengalami keragaman dalam sumber informasi, begitu pula jenis informasinya dan sasaran informasi yang hendak dituju.

Pengurus KIM Desa jatiwarno berfoto bersama seusai pengukuhan

Pengurus KIM Desa jatiwarno berfoto bersama seusai pengukuhan

Sebelum acara pengukuhan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika melalui bidang Kominfo memberikan pembekalan mengenai apa dan bagaimana KIM, maksud dan tujuan dibentuknya KIM, dan sarana komunikasi apa saja yang bisa diambil KIM untuk dapat menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Acara pembekalan atau sosialisasi berjalan dinamis, disela-sela pemberian materi banyak anggota KIM yang mengajukan pertanyaan. Bapak Suparno salah satu anggota Kim berbagi pengalaman mengenai keaktifannya dahulu dalam Klompencapir (Kelompok Pendengar Pembaca dan Pemirsa) jaman orde baru. Aktivitas Klompencapir yang sangat terkenal di era Presiden Soeharto, sebenarnya tidak beda jauh dengan KIM sekarang, yakni mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi dari, oleh dan untuk masyarakat. Hanya saja sekarang, KIM sangat terbantu dengan perkembangan tekhnologi informasi, dimana aktivitas mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi ini dipermudah dengan tekhnologi informasi komunikasi seperti media sosial yang berbasis internet, whatssapp, BBM dan lain sebagainya.

Dari unsur karang taruna menanyakan mengenai apakah apabila nanti KIM memproduksi informasi semisal bulletin, harus ada yang bertanggungjawab atas isi atau konten informasi yang disampaikan.Karangtaruna juga menanyakan untuk informasi-informasi yang disampaikan melalui KIM apakah hanya bersifat dari atas atau informasi pembangunan pemerintahan saja. Dari pemerintah desa yang diwakili oleh Bapak Sujito menyampaikan agar nanti apabila penyebarluasan informasi kepada masyarakat terlaksana, setiap elemen dalam KIM saling berembug agar output informasi yang keluar tidak menyinggung elemen-elemen lain.

Pembekalan Pemebntukan KIM disampaikan oleh DishubkominfoDinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Karanganyar melalui pemateri Sopiyatun, S.Sos.,M.I.Kom memberikan penjelasan bahwa KIM sebagai mitra pemerintah dalam mendiseminasikan informasi-informasi program pembangunan dan pemerintahan bertindak sebagai mediator. Di satu sisi KIM menyampaikan informasi yang bersifat top down (dari pemerintah ke masyarakat) di sisi lain KIM juga menjadi mediator bagi masyarakat untuk mengakses informasi yang dibutuhkan masyarakat (bottom up).

DSC_0077Di akhir acara, Kasi Komunikasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. Karanganyar, Wuri Ratnaningsih, SE menyampaikan himbauannya agar KIM yang baru saja terbentuk dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Masyarakat memiliki hak dalam mengakses informasi, dan pemerintah berkewajiban membuka akses tersebut. Penyebaran informasi-informasi positif yang bersifat memberdayakan masyarakat diharapkan mampu memberi kontribusi pada upaya meningkatkan tingkat literasi informasi masyarakat menuju peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan (sf).