PENTING ! PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PENGGUNAAN INTERNET OLEH ANAK

KIM-Markisa Tw3

pemberian materi informasi mengenai pengawasan pemakain internet untuk anak

Kehadiran internet dewasa ini sudah menjadi keniscayaan, bahkan sampai di sudut-sudut desa. Pemakaian internet menjadi salah satu indikator melek tekhnologi informasi, namun tanpa pendampingan yang intens dari para orang tua, penggunaan internet oleh anak dikhawatirkan dapat disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif seperti mengakses pornografi, bullying lewat media sosial, kecanduan game online dan sebagainya. Disinilah sangat diperlukan peran orang tua untuk mengarahkan anak menggunakan internet untuk hal-hal positif dan produktif.

KIM Markisa Banjarsari Tawangmangu

Kegiatan Pemberdayaan KIM di Kecamatan Tawangmangu, 10 Pebruari 2015

Pesan-pesan itulah yang menjadi materi diseminasi informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Markisa Tawangmangu dan KIM Ngudi Rejeki Dayu Kecamatan Gondangrejo. Pemberdayaan KIM Markisa diselenggarakan pada tangal 10 Pebruari di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Tawangmangu. Adapun pemberdayaan KIM Ngudi Rejeki diadakan tanggal 11 Pebruari 2016.

Selain informasi mengenai penggunaan internet oleh anak, Dishubkominfo Kab Karanganyar juga menyampaikan informasi mengenai  Sistem Penampungan Aspirasi Masyarakat (SAPAMas). Melalui pengiriman sms aduan, saran dan kritik dan masukan, ke nomor 0811-262-9999 masyarakat dapat berpartisipasi di sektor pembangunan sosial, ekonomi, budaya, infrastruktur, pendidikan dan sebagainya. SMS aduan dan jawaban dari SKPD yang bersangkutan akan ditampilkan di sapamas.karanganyarkab.go.id, sehingga masyarakat dapat memantaunya kapan saja (sf).