Kalau dahulu kita mengenal dengan apa yang disebut Klompencapir, maka setelah program itu tidak dimunculkan kembali maka Pemerintah mencoba untuk kembali mendaur ulang dengan program baru yang disebut dengan KIM.

Ya, KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat adalah Program Pemerintah melalui Departemen Kominfo yang bertujuan untuk memudahkan Pemerintah berkomunikasi dengan masyarakatnya. Utamanya masyarakat yang  kondisinya tidak berdekatan langsung dengan Pemerintah atau memiliki letak dengan jarak tempuh yang jauh.

Dengan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pemerintah berharap bahwa program-programnya dapat tersampaikan dengan baik melalui kelompok tersebut.

KIM dapat dibentuk dari berbagi macam kalangan, profesi dan kegiatan. namun di Kabupaten Karanganyar, kelompok KIM lebih banyak di dominasi dari kelompok-kelompok usaha. sehingga melalui kegiatan kelompok, selain tujuan pemerintah dapat terpenuhi, kegiatan kelompok juga dapat ikut diangkat sehingga dapat mendukung ekonomi masyarakat dalam kelompok khususnya dan masyarakat di luar kelompok pada umumnya.

Upaya pemberdayaan antara lain dilakukan dengan mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat. Dalam konsep ini, bagaimana pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pedayagunaan informasi tersebut melalui kelompok.

Kelompok masyarakat dimaksud diberi nama generik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Respon terhadap kehadiran KIM cukup besar, terutama dari aparat Kelurahan yang membutuhkan wahana penyaluran dan pendayagunaan informasi oleh masyarakat.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorentasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

 

One thought on “KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

  1. Mr WordPress

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

Comments are closed.