Pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Jatiwarno Kecamatan Jatipuro

PENGUKUHAN KIM (KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT)
DESA JATIWARNO KECAMATAN JATIPURO

DSC_0098

Pengukuhan KIM oleh Kades Jatiwarno

Jumlah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Karanganyar tahun 2016 ini bertambah lagi. Selasa, 5 April 2016, bertempat di Aula Balai Desa Jatiwarno, Kepala Desa Jatiwarno Dra. Sri Ruswanti, mengukuhkan kepengurusan KIM Jatiwarno.

KIM Desa Jatiwarno diketuai oleh Sujito, beranggotakan 16 orang dari berbagai elemen seperti PKK, Pemerintah Desa, Karangtaruna, Pokja Kesehatan, unsur pengurus DS3 (Desa Siaga sehat Sejahtera) dan beberapa elemen lain. Dengan keikutsertaan berbagai unsur masyarakat ini, ke depan KIM Jatiwarno diharapkan akan lebih mengalami keragaman dalam sumber informasi, begitu pula jenis informasinya dan sasaran informasi yang hendak dituju.

Untitled

DSC_0006

Parket (Lantai Kayu) Tawangmangu

Parket (Tikar Kayu)

Parket (Tikar Kayu)

Parket (Tikar Kayu) ini dibuat oleh pengrajin dari Tawangmangu.

Tikar pak sugiyono ini bisa diaplikasikan di setiap sisi lantai rumah atau perkantoran. Sebagai tikar ruang tamu, atau cart port dan lain sebagainya. Tikar yang dibuat dari bahan Kayu Jati dan Kayu Pinus, Potongan kayu atau parket ini kemudian ditata sedemikian rupa membentuk tikar dengan ukuran setiap kotaknya 30 x 30 cm.

selanjutnya setiap kotak dapat dipasang dengan kotak lain sehingga membentuk tikar. mudah diaplikasikan dan dapat dipindah – pindah dengan mudah seperti tikar sebagai namanya.

Tikar pak sugiyono ini walaupun dibuat diatas tatakan plastik namun kekuatannya tidak diragukan. Bahkan si pemilik sendiri menggunakannya sebagai car port.

Brownis Cinta, Berawal dari Cinta jadi Primadona Warga

Dapur di salah satu rumah di Badranasri RT 2/ RW IX Cangakan, Karanganyar terlihat sibuk sehari-hari. Sejumlah bahan makanan seperti tepung terigu, telur, margarin, coklat, dan lainnya terlihat menggunung di salah satu sisi ruangan. Nampak pula seorang ibu muda tengah asyik mencampur semua bahan-bahan tersebut di sebuah baskom. Sesekali dia menambahkan tepung terigu lantaran adonan terlalu lembek.

KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Kalau dahulu kita mengenal dengan apa yang disebut Klompencapir, maka setelah program itu tidak dimunculkan kembali maka Pemerintah mencoba untuk kembali mendaur ulang dengan program baru yang disebut dengan KIM.

Ya, KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat adalah Program Pemerintah melalui Departemen Kominfo yang bertujuan untuk memudahkan Pemerintah berkomunikasi dengan masyarakatnya. Utamanya masyarakat yang  kondisinya tidak berdekatan langsung dengan Pemerintah atau memiliki letak dengan jarak tempuh yang jauh.

Dengan membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Pemerintah berharap bahwa program-programnya dapat tersampaikan dengan baik melalui kelompok tersebut.

KIM dapat dibentuk dari berbagi macam kalangan, profesi dan kegiatan. namun di Kabupaten Karanganyar, kelompok KIM lebih banyak di dominasi dari kelompok-kelompok usaha. sehingga melalui kegiatan kelompok, selain tujuan pemerintah dapat terpenuhi, kegiatan kelompok juga dapat ikut diangkat sehingga dapat mendukung ekonomi masyarakat dalam kelompok khususnya dan masyarakat di luar kelompok pada umumnya.